Kenali 10 Komponen Mobil Listrik dan Fungsinya!

10 komponen mobil listrik

Mobil listrik menjadi semakin populer sebagai solusi ramah lingkungan untuk mengurangi emisi dan ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Dibandingkan dengan kendaraan konvensional, mobil listrik menggunakan rangkaian komponen khusus yang membuatnya berbeda.

Di bawah ini, Domo Hybrid telah membuat daftar komponen mobil listrik yang penting untuk Anda ketahui.

Apa saja komponen-komponen tersebut? Ini dia pembahasan lengkapnya untuk Anda!

Komponen Mobil Listrik

Berikut adalah 10 (sepuluh) komponen penting yang terdapat pada mobil listrik:

1. Baterai Traksi

Baterai traksi adalah komponen kunci dalam mobil listrik, menyimpan energi listrik yang diperlukan untuk menggerakkan kendaraan.

Baterai ini harus memiliki kapasitas energi tinggi dan mampu diisi ulang berkali-kali tanpa degradasi yang signifikan.

Pengembangan teknologi baterai terus berlanjut untuk meningkatkan jangkauan kendaraan, mengurangi waktu pengisian, dan memperpanjang umur baterai.

2. Power Inverter

Power inverter adalah komponen mobil listrik yang berfungsi untuk mengubah arus searah (DC) dari baterai menjadi arus bolak-balik (AC) untuk menggerakkan motor traksi.

Inverter memainkan peran penting dalam efisiensi kendaraan, mengatur kecepatan dan torsi motor dengan mengubah frekuensi dan amplitudo arus AC.

3. Controller

Controller adalah otak dari mobil listrik, mengatur aliran daya antara baterai, inverter, dan motor traksi.

Controller mengambil input dari pedal gas dan secara elektronik mengontrol berapa banyak energi yang disuplai ke motor, memungkinkan akselerasi halus dan pengaturan kecepatan.

4. Motor Traksi

Motor traksi adalah komponen mobil listrik yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik untuk menggerakkan roda.

Motor ini harus efisien, bertenaga, dan tahan lama. Teknologi motor traksi terus berkembang, dengan fokus pada peningkatan efisiensi dan pengurangan berat.

5. Charger

Charger berfungsi untuk mobil listrik mengisi ulang baterai traksi dari sumber listrik eksternal.

Charger onboard mengkonversi AC dari jaringan listrik menjadi DC yang dapat disimpan di baterai.

Pengembangan charger yang lebih cepat dan lebih efisien adalah kunci untuk meningkatkan kenyamanan penggunaan mobil listrik.

6. Transmisi

Transmisi pada mobil listrik lebih sederhana dibandingkan dengan kendaraan bensin atau diesel.

Beberapa model menggunakan transmisi satu kecepatan yang menghubungkan langsung motor ke roda, mengurangi kerumitan dan meningkatkan efisiensi.

7. DC Converter

DC converter mengubah tegangan tinggi DC dari baterai traksi menjadi tegangan rendah DC untuk menjalankan komponen elektronik kendaraan dan mengisi auxiliary battery.

Konverter ini memastikan bahwa sistem penerangan, sistem hiburan, dan sistem navigasi mobil dapat beroperasi dengan lancar.

8. Auxiliary Battery

Auxiliary battery menyediakan energi untuk sistem elektronik mobil listrik, seperti lampu, wiper, dan sistem hiburan.

Baterai ini serupa dengan baterai pada kendaraan konvensional dan diisi ulang oleh DC converter.

9. Thermal Cooling System

Sistem pendingin termal mengontrol suhu baterai traksi, inverter, dan motor traksi untuk menjaga kinerja optimal dan mencegah kerusakan karena panas berlebih. Sistem ini mungkin menggunakan cairan pendingin, kipas, atau kombinasi keduanya.

10. Charger Pot

Charger pot (portable charging) berfungsi untuk pengisian baterai traksi dari berbagai sumber listrik, termasuk outlet rumah tangga standar.

Meskipun lebih lambat dibandingkan dengan stasiun pengisian cepat, charger pot menawarkan fleksibilitas bagi pengguna untuk mengisi daya kendaraan mereka di berbagai lokasi.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Cara Kerja Mobil Listrik!

Ingin Mobil Listrik Awet dan Tahan Lama? Rawat di Domo Hybrid Aja!

Domo Hybrid tidak hanya sekedar bengkel, melainkan sebuah pionir dalam perawatan dan servis mobil hybrid dan listrik di Indonesia.

Dengan dilengkapi sertifikasi ISO 9001:2015, Domo Hybrid menjamin standar pelayanan dan kualitas kerja yang tinggi, memastikan bahwa mobil listrik Anda mendapatkan perawatan terbaik yang sesuai dengan standar internasional.

Mulai dari pengecekan rutin, servis baterai traksi, hingga pemeliharaan komponen penting lainnya, tim ahli di Domo Hybrid memiliki keahlian dan peralatan canggih untuk menangani berbagai jenis mobil listrik dan hybrid.

Dengan memilih Domo Hybrid untuk merawat mobil listrik Anda, ini artinya Anda memilih keahlian yang telah teruji dan terpercaya untuk menjaga performa kendaraan listrik Anda agar tetap optimal, awet, dan tahan lama.

Yuk, reservasikan kedatangan Anda di Domo Hybrid sekarang! Hubungi kami via WhatsApp di nomor 0819-0510-5272 atau klik link reservasi berikut ini.

lokasi Domo Hybrid saat ini baru hanya tersedia di wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara, tepatnya di Jl. Pegangsaan Dua No.5, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Meskipun begitu, kami tidak menutup kemungkinan untuk membuka cabang-cabang baru di sejumlah wilayah Indonesia.

Itulah pembahasan mengenai komponen mobil listrik beserta fungsinya yang perlu Anda ketahui dan pahami.

Komponen-komponen mobil listrik bekerja bersama untuk memberikan pengalaman berkendara yang efisien, ramah lingkungan, dan semakin nyaman.

Dengan terus berkembangnya teknologi, kita dapat mengharapkan peningkatan dalam performa, efisiensi, dan ketersediaan mobil listrik di masa depan, membuatnya menjadi pilihan yang semakin menarik bagi konsumen di seluruh dunia.

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Related Posts