Wajib Tahu! Ini 6 Jenis Baterai Mobil Listrik!

6 jenis baterai mobil listrik

Baterai memainkan peran yang sangat penting sebagai sumber tenaga utama mobil listrik.

Jenis baterai mobil listrik yang digunakan sangat beragam, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Mulai dari Nickel-Metal Hydride (NiMH) hingga baterai Solid State, pemilihan jenis baterai yang tepat dapat mempengaruhi performa, jarak tempuh, dan umur pakai dari mobil listrik itu sendiri.

Di bawah ini, Domo Hybrid akan memberikan sejumlah informasi mengenai jenis-jenis baterai mobil listrik yang tentu dapat menambah wawasan bagi Anda dan mengetahui jenis baterai yang tepat untuk kendaraan listrik Anda.

Jenis Baterai Mobil Listrik

Inilah 6 (enam) jenis baterai yang biasa dipakai untuk mobil listrik:

1. Baterai Nickel-Metal Hydride (NiMH)

Baterai Nickel-Metal Hydride (NiMH) merupakan salah satu jenis baterai mobil listrik yang cukup populer di era awal pengembangan mobil listrik.

Baterai ini dikenal karena kapasitas energi yang lebih besar dibandingkan dengan baterai Nickel Cadmium dan lebih ramah lingkungan.

Baterai NiMH memiliki kemampuan untuk diisi ulang berkali-kali tanpa mengalami penurunan performa yang signifikan.

Namun, baterai jenis ini memiliki kelemahan, yaitu relatif lebih berat dan memiliki masalah terkait efisiensi energi pada suhu yang sangat rendah.

2. Baterai Solid State

Baterai Solid State adalah inovasi terbaru dalam teknologi baterai mobil listrik.

Berbeda dari baterai konvensional yang menggunakan elektrolit cair, baterai Solid State menggunakan material solid untuk elektrolitnya.

Kelebihan utama dari jenis baterai mobil listrik ini adalah densitas energi yang lebih tinggi, yang berarti dapat menyimpan lebih banyak energi dalam ukuran yang lebih kecil, dan potensi untuk meningkatkan jarak tempuh mobil listrik.

Baterai Solid State juga lebih aman dari risiko kebakaran karena tidak menggunakan elektrolit cair.

Namun, tantangan dalam produksi massal dan biaya produksi yang masih tinggi menjadi kendala utama jenis baterai ini.

3. Baterai Nickel Cadmium

Baterai Nickel Cadmium (NiCd) pernah digunakan dalam beberapa aplikasi mobil listrik karena kemampuannya untuk memberikan arus listrik yang kuat dan tahan terhadap suhu ekstrem.

Namun, jenis baterai mobil listrik yang satu ini mulai ditinggalkan karena isu lingkungan, terutama terkait dengan kandungan cadmium yang beracun.

Selain itu, baterai NiCd memiliki efek memori, yang dapat mengurangi kapasitas penyimpanan energi jika tidak diisi ulang dan dikeluarkan secara sempurna.

4. Baterai Lithium-Ion (Li-ion)

Baterai Lithium-Ion (Li-ion) saat ini merupakan jenis baterai mobil listrik yang paling populer dan banyak digunakan.

Baterai ini menawarkan densitas energi yang tinggi, umur pakai yang lebih lama, dan tidak memiliki efek memori yang signifikan dibandingkan dengan baterai NiCd.

Baterai Li-ion juga lebih ringan, yang memberikan keuntungan tambahan bagi mobil listrik dalam hal efisiensi dan performa.

Meskipun demikian, baterai Li-ion memiliki tantangan terkait risiko keamanan, seperti potensi terjadinya kebakaran dan ledakan jika terjadi kerusakan atau gagal fungsi.

5. Baterai Lead-Acid

Baterai Lead-Acid merupakan jenis baterai mobil listrik yang paling tua dan masih digunakan untuk beberapa aplikasi mobil listrik, terutama untuk sistem penyimpanan energi cadangan dan aplikasi yang membutuhkan tenaga besar dalam waktu singkat.

Baterai ini memiliki kelebihan dari segi biaya yang relatif rendah dan teknologi yang sudah matang.

Namun, baterai Lead-Acid memiliki densitas energi yang rendah, umur pakai yang lebih pendek, dan berat yang lebih berat dibandingkan dengan jenis baterai lain, yang menjadikannya kurang ideal untuk penggunaan sebagai sumber tenaga utama mobil listrik.

6. Baterai Ultra Capacitor

Baterai Ultra Capacitor bukanlah baterai dalam pengertian tradisional, melainkan sebuah capacitor yang memiliki kapasitas penyimpanan energi yang sangat besar.

Ultra Capacitor mampu mengisi dan mengosongkan energi dengan sangat cepat, membuatnya ideal untuk aplikasi yang memerlukan tenaga besar dalam waktu singkat, seperti saat akselerasi.

Walaupun memiliki potensi untuk meningkatkan performa mobil listrik, Ultra Capacitor memiliki keterbatasan dalam hal penyimpanan energi jangka panjang, sehingga seringkali digunakan bersama dengan jenis baterai lain sebagai sistem hybrid.

Baca Juga: Kenali 10 Komponen Mobil Listrik dan Fungsinya!

Jangan Asal Pilih Bengkel! Rawat Mobil Listrik Anda di Domo Hybrid!

Memilih bengkel yang tepat untuk merawat mobil listrik bukanlah perkara yang bisa dianggap sepele.

Domo Hybrid hadir sebagai solusi bagi Anda yang selalu mengutamakan kualitas dan kepercayaan dalam merawat mobil hybrid dan listrik.

Sebagai bengkel spesialis mobil hybrid dan listrik pertama di Indonesia, Domo Hybrid tidak hanya menawarkan layanan perawatan dan perbaikan berkualitas tinggi, tetapi juga telah mendapatkan pengakuan resmi melalui sertifikasi ISO 9001:2015.

Sertifikasi ini menegaskan komitmen Domo Hybrid dalam menyediakan layanan yang memenuhi standar kualitas internasional, dengan fokus pada kepuasan pelanggan.

Di Domo Hybrid, mobil listrik Anda akan ditangani oleh teknisi yang ahli dan berpengalaman di bidangnya, menggunakan peralatan terkini yang menjamin akurasi dan efisiensi dalam setiap proses perawatannya.

Jadi, jika Anda ingin memastikan mobil listrik Anda mendapatkan perawatan terbaik, Domo Hybrid adalah pilihan yang tidak bisa Anda abaikan.

Info lengkap dan pemesanan jadwal layanan silahkan hubungi kami melalui WhatsApp Customer Service di 0819-0510-5272 atau klik link reservasi berikut ini.

lokasi Domo Hybrid saat ini baru hanya tersedia di wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara, tepatnya di Jl. Pegangsaan Dua No.5, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250. Namun kami tidak menutup kemungkinan untuk membuka cabang baru di kota-kota besar lainnya.

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Related Posts